COVID NI: Menteri Stormont didesak untuk mendukung paspor vaksin wajib mulai 13 Desember

COVID NI: Menteri Stormont didesak untuk mendukung paspor vaksin wajib mulai 13 Desember

Menteri Kesehatan Irlandia Utara telah mengusulkan agar paspor Covid-19 wajib diberlakukan di wilayah tersebut mulai 13 Desember.

Robin Swann ingin sesama menteri Stormont menyetujui proposalnya untuk sertifikasi Covid dalam berbagai pengaturan pada pertemuan eksekutif Rabu sore.

Makalah model yang menyertainya dari pejabat kesehatan juga akan memperingatkan para menteri eksekutif bahwa paspor mungkin tidak cukup untuk memadamkan jumlah kasus Covid yang meningkat pesat, yang naik 23% dalam seminggu, dan bahwa “pembatasan yang lebih ketat” mungkin perlu dipertimbangkan pada pertengahan tahun. Desember untuk menghindari kepadatan rumah sakit.

Kantor Berita Otoritas Palestina memahami bahwa Tuan Swan mengusulkan untuk menggunakan paspor untuk memasuki klub malam, tempat makanan dan minuman, bioskop, teater, dan ruang konferensi.

Sertifikat Covid juga akan diperlukan untuk akses ke acara dalam ruangan dengan 500 atau lebih peserta di mana beberapa atau semua penonton biasanya tidak duduk.

Ini akan diperlukan untuk acara luar ruangan dengan 4.000 atau lebih peserta di mana beberapa atau semua penonton biasanya tidak duduk.

Ini juga akan menjadi wajib di semua acara dengan 10.000 atau lebih peserta apakah penonton duduk atau tidak.

Swan mengusulkan agar peraturan yang diperlukan untuk mengubah undang-undang tersebut mulai berlaku pada 29 November, dengan masa tenggang 14 hari sebelum berlaku pada 13 Desember.

Sementara dia meminta rekan-rekan menteri untuk membuat keputusan pada rapat eksekutif hari Rabu, untuk mengangkat masalah ini, DUP dan Sinn Fein harus terlebih dahulu setuju untuk memasukkannya ke dalam agenda.

Agenda terakhir tidak dikonfirmasi pada Selasa malam.

Sebelumnya Selasa malam, pemimpin DUP mengatakan dia “terbuka” tentang proposal untuk paspor vaksin wajib.

Sir Geoffrey Donaldson mengatakan tanggung jawab ada pada Tuan Swan untuk membuktikan bahwa memberikan sertifikasi wajib akan membantu mengurangi tekanan pada rumah sakit daerah dan akan menjadi tindakan yang “proporsional dan masuk akal”.

Sir Geoffrey berkata, “Saya berpikiran terbuka, saya ingin mendengar apa yang dikatakan Menteri, Kami ingin melihat bukti dan kemudian kami akan memberikan pendapat tentang itu.”

DUP memiliki kekuatan untuk memveto langkah ini dan sejumlah anggota partai terkemuka telah menyatakan penentangannya.

Menteri Pertama Partai Demokrat Federal Paul Gevan dijadwalkan bertemu Swan dan pejabat kesehatan senior pada Selasa malam untuk membahas masalah tersebut.

Administrasi Berbagi Energi saat ini merekomendasikan bahwa klub malam dan tempat hiburan lainnya menggunakan pemeriksaan status Covid saat masuk, tetapi belum menjadikannya persyaratan hukum.

Makalah pemodelan menyatakan bahwa penyerapan sukarela sertifikasi Covid oleh sektor perhotelan telah “sangat rendah”.

Masalah paspor telah secara tajam memecah Koalisi Lima Tahun Belfast, dengan SDLP dan koalisi selama berminggu-minggu menyerukan sistem sertifikasi wajib sebagai cara untuk membuat tempat lebih aman dan meningkatkan tingkat vaksinasi.

Dua partai utama di cabang eksekutif – DUP dan Sinn Féin – sebelumnya menolak panggilan untuk paspor wajib tersebut, alih-alih menyatakan preferensi untuk “pendekatan kemitraan” dengan industri perhotelan.

Namun, intervensi Menteri Federal Ulster Mr. Swan telah mengubah dinamika di dalam cabang eksekutif.

Wakil Perdana Menteri Sinn Féin, Michelle O’Neill, menjelaskan bahwa partainya akan mengikuti saran dari pejabat kesehatan mengenai masalah tersebut.

Jadi situs DUP akan terbukti sangat penting dalam memutuskan apakah akan menawarkan sistem atau tidak.

Isi survei terbaru kami di bawah ini, atau klik di sini.

Jika DUP menentang langkah tersebut, DUP berpotensi memblokir proposal dengan menerapkan mekanisme pemungutan suara di seluruh komunitas.

Jika partai menentang tapi tidak mempublikasikan mekanisme ini, dukungan empat partai eksekutif lainnya cukup untuk melihat penerbitan paspor wajib.

Beberapa anggota DUP terkemuka – termasuk Perwakilan Sammy Wilson, Sekretaris Pertanian saat ini Edwin Potts dan mantan Menteri Ekonomi Paul Froe – sangat kritis terhadap proposal tersebut.

Ketika ditanya oleh wartawan di Stormont pada Selasa malam apakah dia akan memveto dia, Sir Geoffrey mengatakan dia menyukai “pendekatan konsensus”.

“Saya mendukung pendekatan konsensual dan apa yang ingin saya lihat adalah konsensus tentang ini,” katanya.

“Itu sebabnya kami akan bekerja sama dengan Menteri Kesehatan untuk melihat apakah kami dapat menemukan solusi yang berhasil, solusi yang sudah berkembang dalam hal mengurangi tekanan pada rumah sakit kami saat ini.”

Usulan Swan datang di tengah meningkatnya tekanan pada sistem kesehatan yang terkepung di wilayah tersebut.

Angka penularan Covid-19 juga meningkat dalam beberapa pekan terakhir, terutama di kalangan anak muda.

Menjadikan sertifikasi sebagai persyaratan masuk yang sah untuk tempat-tempat perhotelan telah dikreditkan dengan meningkatkan tingkat vaksinasi di kalangan anak muda di Republik Irlandia.

Lima pasien lagi yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dilaporkan meninggal di Irlandia Utara pada Selasa bersama dengan 1.698 kasus positif lainnya.

Pada Selasa pagi, ada 429 pasien COVID-19 di rumah sakit, 35 di antaranya dalam perawatan intensif.

Untuk mendapatkan berita terbaru langsung ke kotak masuk Anda, daftar ke buletin kami Di Sini.

.